Dapatkan Keuntungan Berlipat Dengan Budidaya Ikan Sidat

Ikan sidat merupakan komunitas ikan air tawar, selain itu ikan sidat ini merupakan salah satu ikan yang dalam perawatannya termasuk dalam kategori mudah. Banyak masyarakat yang belum mengetahui banyaknya keuntungan yang dapat mereka peroleh dalam melakukan budidaya ikan sidat. Permintaan yang terus meningkat tiap tahunnya membuat ikan sidat ini semakin laris dan dapat dijadikan sebagai salah satu usaha yang dapat menghasilkan penghasilan yang lumayan. Tidak hanya permintaan dalam negeri saja, namun luar negeri juga banyak yang mengonsumsinya. Terutama negara daerah Amerika Serikat dan Asia seperti Jepang. Maka dari itu, tidak ada ruginya jika kita ingin membudidayakan ikan sidat sebagai pekerjaan kita.

Apa Kelebihan Ikan Sidat?

Ikan sidat memiliki beberapa kelebihan yang menjadikannya sebagai salah satu jenis ikan yang saat ini mendapati jumlah permintaan pasar yang tinggi. Nah apa saja ya?

  1. Kandungan Vitamin A Tinggi

Dapat diketahui bahwa ikan sidat memiliki kandungan yang vitamin A yang tinggi dan lebih tinggi dari pada sarden dan  mentega.

  1. Populasi Ikan Sidat Dari Sabang Sampai Merauke

Penyebaran ikan sidat ini merata dari ujung Sumatera hingga Papua. Dengan tingginya permintaan, usaha budidaya ikan sidat ini perlu dikembangkan.

  1. Harganya Mahal

Harga ikan sidat dewasa ini lumayan mahal loh, bisa mencapai 200 ribu per kilo, satu kilo berkisar 4  sampai 5 ekor ikan sidat.

Bagaimana Cara Membudidayakan Ikan Sidat?

Ikan sidat ini terkenal dengan cara pembudidayaannya yang relatif mudah. Kita sebagai orang awam yang belum terlalu tahu mengenai ikan sidat ini pun bisa belajar dengan cepat dan merealisasikannya dengan mulai membudidayakan ikan sidat ini. Yuk simak caranya!

  1. Menyiapkan Kolam

Hal pertama yang harus kita persiapkan adalah menyiapkan kolam untuk pemeliharaan. Ukurannya terserah, namun standarnya dengan panjang 9 meter dan lebar 7 meter, serta kedalaman 1 meter. Kalian dapat menggunakan beton ataupun terpal, jika ingin berhemat pakailah terpal saja.

  1. Pemilihan Benih Ikan Sidat

Dalam pemilihan benih ikan sidat kita harus benar-benar menyeleksinya. Bibit yang bagus akan menghasilkan ikan sidat yang bagus pula. Caranya, lihat saja pergerakan bibit ikan sidatnya, jika lincah berarti bagus.

  1. Panen

Ikan sidat dapat dipanen setelah berumur 6 sampai dengan 7 bulan dengan berat 5 ons per ikan.

Related posts: