3 Jenis Nasi Tumpeng Sesuai Acara Adat

Kreasi nasi tumpeng mulai di gemari masyarakat luas. Siapa yang tak mengenal nasi tumpeng? Nasi yang identik dengan cara penyajiannya yaitu di buat dengan bentuk kerucut seperti gunung ini memang memiliki daya tarik tersendiri. Bukan hanya karena bentuknya saja namun filosofi yang terkandung di dalamnya juga cukup menarik. Nah siapa yang tahu bahwa ternyata jenis nasi tumpeng ada banyak sekali jenisnya. Dan masing-masing di buat sesuai dengan jenis acara yang akan di adakan. Seperti yang Kita tahu bahwa nasi tumpeng sangat tepat jika Anda membuatnya untuk acara kenduri, selamatan atau syukuran, pembukaan kantor cabang dan lain sebagainya.

Beberapa Jenis Kreasi Nasi Tumpeng Sesuai Acara Adat Masyarakat

Dan kali ini Kami akan mencoba untuk membahas tentang apa saja jenis kreasi nasi tumpeng yang bisa Anda buat sesuai acara yang akan di adakan. Karena setiap bentuk dan cara penyajian sekaligus lauk pauk yang di gunakan memiliki makna tersendiri dalam acara tersebut.

  • Tumpeng Nujuh Bulan

Ini adalah jenis nasi tumpeng yang di buat dari nasi putih. Cara penyajiannya pun berbeda yaitu dengan satu tumpeng utama berada di tengah dan di kelilingi 6 tumpeng kecil kemudian di sajikan di atas tampah atau wadah bambu lebar bentuk bundar dengan beralaskan daun pisang.

  • Tumpeng Pungkur

Jenis tumpeng yang satu ini biasanya di buat untuk memperingati kematian pria atau wanita yang masih lajang atau belum menikah. Cara penyajiannya adalah dengan nasi putih lengkap sayur mayur dan lauk di atas tampah bambu bundar. Tumpeng di potong secara vertikal dan di letakkan saling membelakangi.

  • Tumpeng Robyong

Jenis tumpeng yang terakhir adalah jenis tumpeng yang di buat khusus untuk acara adat pernikahan Jawa. Biasanya ini di sajikan dengan menggunakan bakul dengan sayur mayur lengkap. Sedangkan di tengah tumpeng di letakkan telur ayam, terasi bawang merah dan cabai.

Demikian beberapa hal penting yang harus Anda ketahui seputar aneka macam jenis nasi tumpeng yang di buat sesuai dengan acara yang di selenggarakan. Jangan lupa untuk selalu menyajikan nasi tumpeng dengan kualitas bahan yang terbaik agar supaya hasilnya pun maksimal sesuai dengan harapan. Demikian ulasan singkat dalam kreasi nasi tumpeng.

Related posts: